Ayo Berdonasi untuk Pendidikan

Semua manusia dilahirkan dengan kemampuan untuk mengubah hidup orang lain. Memberi adalah salah satu kemampuan itu. Mari bersama-sama wujudkan mimpi adik-adik di sudut negeri untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

KLIK DISINI


Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan kemajuan dan keberhasilan suatu negara. Pendidikan itu identik dengan sebuah perubahan, tanpa adanya pendidikan maka tak akan ada perubahan. 

Itulah kenapa pendidikan begitu sangat penting dimiliki oleh setiap insan sebagaimana yang tercantum pada Pasal 31 UUD 1945 ayat 1 berbunyi, "Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan". Begitu pula yang tercantum dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Meskipun kebutuhan pendidikan setiap anak telah terpenuhi namun sistem dari pendidikan itu sendiri sangat menentukan kualitas dari pendidikan itu. Olehnya itu, sistem akan menjadi penentu keberhasilan dari sebuah perencanaan karena sistem yang baik pastinya akan menciptakan hasil dan kualitas pendidikan yang teruji. 

Kita tidak dapat pungkiri bahwa kondisi pendidikan kita saat ini masih sangat jauh dari kata sempurna, bahkan banyak kalangan yang menganggap bahwa pendidikan kita masih identik dengan pencarian jati diri dimana kita masih disibukkan dengan gonta-ganti kurikulum yang penerapannya terus bersifat sementara. 

Jika kita berkaca pada beberapa negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia, maka kita masih tertinggal jauh. Olehnya itu, memang penting untuk bisa menyelesaikan masalah ini agar pendidikan kita pun bisa ikut menjadi yang terbaik. Mari kita coba lihat beberapa sistem pendidikan terbaik di dunia. 

Finlandia 

Posisi pertama ada Finlandia sebagai negara pendidikan terbaik di dunia. Memang sejak dari awal mereka sudah menyediakan aturan yang dapat menjadi standar yang harus diterapkan. Seperti halnya Pelajar di Finlandia, mereka tidak boleh masuk sekolah dasar apabila usianya belum sampai tujuh tahun. 

Selain itu, pendidik pun tidak menilai dari hasil ujian sebagaimana yang diterpakan di negara kita yang mewajibkan ujian sebagai syarat utama untuk bisa naik ke jenjang atau maju ke tahap selanjutnya. Tak hanya itu, rasio antara jumlah pendidik dan pelajar seimbang sehingga ada kesesuaian dalam proses belajar mengajar di kelas. 

Berbeda halnya di negara kita, rasio antara ketersediaan guru dan jumlah murid masih saja terjungkal dan jauh dari kata seimbang. Terlebih lagi jika kita melihat kondisi pendidikan yang ada di pelosok sangat memprihatinkan, dimana seorang guru terkadang mengajar puluhan siswa dari beberapa jenjang yang berbeda dalam satu waktu. Serta banyak lagi hal menarik yang mungkin bisa jadi bahan renungan untuk kita. 

Korea Selatan

Negara dengan sistem pendidikan terbaik kedua dunia adalah Korea Selatan. Korea Selatan menjadikan pendidikan sebagai skala prioritas karena mereka menganggap bahwa investasi pada dunia pendidikan akan sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi yang nantinya akan menjadi motor penggerak kemajuan sebuah negara.  

Uniknya, baik negeri maupun swasta pra sekolah memiliki program pendidikan yang sama, yaitu lebih banyak mengajarkan kemandirian, kreatifitas, bersosialisasi dengan lingkungan dan mengajarkan tentang kehidupan sehari-hari. Sebelum masuk ke Sekolah Dasar, biasanya para siswa pra sekolah akan dibawa berkunjung ke SD untuk sekedar melihat-lihat bagaimana sekolah mereka selanjutnya. Pada umumnya anak yang masuk Sekolah Dasar menerima surat pemberitahuan ijin masuk sekolah.

Korea sangat terobsesi dengan pendidikan. Pendidikan benar-benar ditekankan kepada siswa. Seberapa keras siswa belajar? Selama bertahun-tahun, siswa pergi ke sekolah dari jam 8 pagi sampai lewat tengah malam. Hal ini dikarenakan setelah selesai sekolah, mereka harus menghadiri pendidikan khusus untuk mencoba meningkatkan kinerja akademis mereka. 

Berbeda halnya dengan negara kita yang mana kebijakan pendidikan lebih cendrung ditentukan oleh suasana politik, politiklah yang menjadi nahkoda sehingga kualitas pendidikan seakan bergantung pada kepentingan politik tertentu sehingga arah dari pendidikan kita seakan tak jelas. Seperti halnya, penempatan posisi guru atau kepala sekolah tidak ditentukan oleh kemampuan yang dimiliki namun terkadang masih bergantung pada suasana politik praktis antara pemilih dan yang dipilih. 

Hong Kong

Negara dengan sistem pendidikan terbaik ketiga yakni Hong Kong Sistem pendidikan di Hong Kong mengadaptasi sistem pendidikan di Inggris. Pengetahuan bukan menjadi satu-satunya fokus pendidikannya. Sistem pendidikan di Hong Kong lebih mementingkan pendidikan keahlian praktikal, kemampuan interpersonal, isu sosial budaya, dan penerapan pengetahuan pada praktik kerja nyata.

Peserta didik dibina agar mampu memahami peran masyarakat dan identitas sosial dengan memiliki pemikiran yang kritis. Mereka juga dituntut untuk memiliki keterampilan mandiri dan menjalani gaya hidup sehat. Hong Kong ingin memastikan bahwa kurikulum yang diterapkan di sana sesuai dengan standar internasional. Karenanya, sekolah bertanggung jawab atas perencanaan pelajaran setiap hari.

Beda lagi dengan negara kita yang sampai saat ini arah pendidikan kita orientasinya lebih cenderung berorientasi pada kemampuan untuk mendapatkan nilai yang baik, bukan pada kecakapan hidup dalam kehidupan bermasyarakat. 

Oleh : Akbar Alimuddin

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.