Ayo Berdonasi untuk Pendidikan

Semua manusia dilahirkan dengan kemampuan untuk mengubah hidup orang lain. Memberi adalah salah satu kemampuan itu. Mari bersama-sama wujudkan mimpi adik-adik di sudut negeri untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

KLIK DISINI

Dalam dunia pendidikan memang tak jarang terdapat masalah-masalah sosial, terlebih jika tempat menyuarakan pendidikan itu berada di daerah pelosok. Sebenarnya ada banyak permasalahan yang sering terjadi tetapi ada 3 aspek yang paling mendominasi perhatian yaitu sarana dan prasarana, kualitas guru dan kondisi lingkungan.

Dewasa ini sudah menjadi hal yang tabu jika kita membicarakan pendidikan di daerah pelosok itu sangat tertinggal. Banyak aspek yang mempengaruhi hal-hal seperti ini, jarak tempuh dari pemukiman sampai ke sekolah misalnya. Banyak dari tenaga pengajar enggan untuk mengabdikan diri untuk mengajar di daerah pelosok karena mengeluhkan jarak pemukiman ke sekolah, berkilo-kilometer harus ditaklukkan untuk bisa sampai ke sekolah tempat mengajar dengan suasana yang berbanding terbalik dengan suasana yang ada di kota juga tak menutup kemungkinan untuk melewati hutan dan sungai yang terhampar sepanjang perjalanan.

Nah, saya sebagai mahasiswa memandang fenomena seperti ini tentu sangat miris, tidak kepada para tenaga pendidik sendiri tapi terhadap pemerintah yang kurang memperhatikan aspek pendidikan yang memprihatinkan tersebut. Menurut saya pemerintah harus turun langsung untuk meninjau keadaan pendidikan di daerah pelosok baik itu dengan memperbaiki infrastruktur, meningkatkan mutu dan kuantitas tenaga pengajar hingga bantuan-bantuan logistik yang sangat dibutuhkan sekolah-sekolah di daerah pelosok.

Saya sebagai pemuda seyogianya merasa sedih melihat kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat perkotaan dengan yang berada di daerah pelosok nampak jelas di mata kita akan kurangnya perhatian pemerintah akan hal tersebut sehingga menjadi tugas para pemudalah untuk memajukan pendidikan dan mendedikasikan diri dengan cara turun langsung untuk memberikan bantuan tenaga dan fikirannya. Dan dengan adanya Komunitas koin untuk negeri yang telah terbula matanya akan permasalahan pendidikan yang terjadi di daerah pelosok menjadi sebuah wadah bagi para pemuda yang memiliki jiwa sosial untuk turut andil dalam memajukan pendidikan di daerah

Calon Relawan Sekolah Jejak Nusantara (SEJARA) Angkatan 16/ 
Mahasiswa UIN Alaiuddin Makassar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.