Ayo Berdonasi untuk Pendidikan

Semua manusia dilahirkan dengan kemampuan untuk mengubah hidup orang lain. Memberi adalah salah satu kemampuan itu. Mari bersama-sama wujudkan mimpi adik-adik di sudut negeri untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

KLIK DISINI

Dok. Adik-Adik Dusun Tanete Bulu

Pendidikan adalah jembatan anak bangsa meraih suatu kesuksesan. Pada kenyataannya saat ini terjadi ketimpangan yang sangat mencolok antara pendidikan di pelosok dan di perkotaan. Menurut kakak apa yang menjadi penyebab utama hal itu terjadi dan apa solusi yang kakak bisa berikan dalam menangani hal tersebut?

Faktor utamanya adalah pola pikir (mindset). Kurangnya kesadaran orang tua dalam mengajarkan anak-anaknya untuk sekolah masih rendah. Sehingga anak-anak yang tinggal di daerah pelosok terbawa dengan pola pikir orang tuanya. Sebagai pengalaman, saya memiliki teman-teman yang berasal dari daerah terpelosok yang akses pendidikannya sulit. 

Namun, menurut saya pola pikir mereka jauh lebih maju daripada orang-orang di perkotaan . Keingintahuannya dapat melawan rasa takutnya terhadap krisis ekonominya berkat ajaran orang tua dan gurunya . Dan mereka pandai memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk memenangkan berbagai perlombaan. 

Mendengar cerita itu, membuat saya yang tinggal di daerah perkotaan dengan fasilitas pendidikan yang lengkap terdorong untuk mengajarkan dan merangkul anak-anak yang tinggal di daerah pelosok agar bisa mengubah pola pikir mereka. Sehingga rasa keingintahuan mereka dapat melawan prinsip yang salah dari orang tua mereka. 

Solusi yang bisa saya berikan selain mengajarkan baca dan tulis, saya ingin mengajarkan kreativitas dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada atau dari barang-barang bekas sehingga proses belajar tidak membuat mereka jenuh. Selain itu, saya juga ingin menyumbangkan buku untuk memperluas pengetahuan mereka. Ubah pikiranmu dan kau akan mengubah duniamu (Norman Vincent Peale), itulah harapan yang saya miliki terhadap anak-anak di daerah pelosok agar tidak terjadi lagi ketimpangan pendidikan antara daerah pelosok dan perkotaan.


Calon Relawan Sekolah Jejak Nusantara, Universitas Pertamina Jakarta

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.