Ayo Berdonasi untuk Pendidikan

Semua manusia dilahirkan dengan kemampuan untuk mengubah hidup orang lain. Memberi adalah salah satu kemampuan itu. Mari bersama-sama wujudkan mimpi adik-adik di sudut negeri untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

KLIK DISINI


Pendidikan adalah jembatan anak bangsa meraih suatu kesuksesan. Pada kenyataannya saat ini terjadi ketimpangan yang sangat mencolok antara pendidikan di pelosok dan di perkotaan. Menurut kakak apa yang menjadi penyebab utama hal itu terjadi dan apa solusi yang kakak bisa berikan dalam menangani hal tersebut?

Pendidikan adalah elemen penting dalam kehidupan untuk menyempurnakan akal yang telah dianugerahkan oleh sang pencipta kepada setiap manusia. Maka dengan itu, setiap insan wajib untuk mengimplementasikannya agar status akal atau keilmuannya dalam dinamika kehidupan dianggap ada. 

Pernyataan yang paling mendasar adalah, apakah setiap orang sudah memperolehnya? Untuk menjawabnya, kita perlu mengetahui apa itu pendidikan. Menurut penulis, pendidikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh akal sehingga menghasilkan pengetahuan,keterampilan,kebiasaan atau norma dan menciptakan suatu ilmu.

Dari argumentasi di atas sudah jelas bahwa setiap manusia sudah memperolehnya. Lantas apa yang menjadi permasalahan kita? Menurut penulis, masalah utamanya adalah sistem pendidikan apa yang diterapkan dan diakui dalam suatu kelompok atau skala besarnya, dalam suatu negara atau bangsa. Inilah yang menjadi polemik bagi setiap individu dalam menerapkan hasil pendidikannya.
Menilik kembali dari arti pendidikan itu sendiri, pointnya adalah bukan dari segi darimana kita melihat kualitas pendidikan dalam suatu kelompok atau lingkungan, tetapi pendidikan dengan orientasi seperti apa yang dinginkan dan diterapkan oleh suatu kelompok atau negara tertentu. Sesuai dengan tema tentang ketimpangan yang sangat mencolok antara pendidikan di pelosok dan di perkotaan. 

Menurut penulis, tidak ada hal yang perlu dibenahi karena harfiahnya setiap individu sudah memperoleh pendidikan itu sendiri, cuman dalam hal ini kita hanya perlu mengikutkan kelompok kelompok kecil itu ke dalam pendidikan yang diakui dan diterapkan oleh kelompok kelompok yang berskala besar atau dengan kata lain negara. Program Koin Untuk Negeri menurut penulis adalah langkah yang sangat efektif untuk memenuhi itu semua. 

Dengan memberikan pendidikan dasar bagi anak di pelosok akan sangat memberikan semangat bagi mereka untuk mengangkat status sosial mereka. Dalam hal ini penulis menyimpulkan bahwa masyarakat pelosok bukan berarti lemah dalam hal pendidikan tetapi kita hanya perlu membimbing mereka ke arah pendidikan yang berskala universal. 

Calon Relawan Sekolah Jejak Nusantara, Universitas Negeri Makassar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.