Ayo Berdonasi untuk Pendidikan

Semua manusia dilahirkan dengan kemampuan untuk mengubah hidup orang lain. Memberi adalah salah satu kemampuan itu. Mari bersama-sama wujudkan mimpi adik-adik di sudut negeri untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

KLIK DISINI

Alimun Mirzad Relawan Angk. 3
Masalah pendidikan merupakan salah satu hal mendasar untuk mengetahui sudah baik atau tidaknya suatu bangsa. Dimana setiap bangsa yang baik pasti memiliki sistem pendidikan yang baik. Tentunya dengan sistem pendidikan yang di terapkan di suatu bangsa dapat di jadikan tolak ukur sudahsejauh mana tingkat pembangunan bagsa itu sendiri tapi yang menjadi pertanyaan apakah sistem pendidikan yang diterapkan di bangsa ini sudah baik ?

Untuk menilai sudah sebaik apa pendidikan di bangsa ini salah satunya dapat di tinjau dari segi kualitas pendidikan yang tinggi. Tapi yang menjadi kendala selanjutnya apakah kualitas pendidikan itu dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi sudah merata apabila di tinjau dari lokasinya. Tentunya akan timbul perbedaan kualitas pendidikan di kawasan perkotaan dan daerah pedesaan. Dan kalau pun dilihat dari berbagai sisi mana pun dapat di terka bahwa pendidikan yang lokasinya berada dalam wilayah perkotaan akan lebih unggul. Tapi tidak dapat dikatakan demikian masih perlu di jabarkan apa kelebihan dan kekurangan dari pendidikan di kota dan di desa.

Sebagai salah satu orang yang pernah merasakan sendiri pendidikan di wilayah perkotaan, tentunya saya merasa beruntung dapat merasakan pendidikan di kota dengan segala fasilitas-fasilitas yang di sediakan, tapi apakah saudara-saudara kita yang mengenyam pendidikan di desa apakah mereka mendapatkan perlakuan yang sama seperti kami di kota , kalau di analisa maka dapat dikatakan bahwa adanya ketidakadilan perlakuan pendidikan di kota dan di desa.

Perbedaan antara desa dan kota tidak selamanya merujuk kepada hal negatif dan positif, dalam beberapa hal justru desa telah menunjukkan prestasi luar biasa dibanding dengan kota. Khusus untuk masalah pendidikan misalnya, secara umum dari sisi fasilitas, perbedaan sekolah antara di kota dan di desa, memang sungguh jauh perbedaannya. Namun dari sisi semangat belajar, tak kalah. Bahkan belakangan secara umum di kota dengan berbagai kemudahan, anak-anak tidak menunjukkan prestasi yang sepadan. Sebaliknya di desa, dengan berbagai keterbatasan, muncul anak-anak yang berprestasi dan memiliki semangat belajar luar biasa. Kemajuan teknologi telah diserap sempurna oleh anak-anak perkotaan, sehingga telah menjadi pemandangan sehari-hari bagaimana anak-anak perkotaan tak bisa terlepas dari gadget. Sementara anak-anak di desa, memiliki alat-alat teknologi tinggi masih menjadi impian. Tapi dampak dari teknologi yang negatif, telah pula terserap dengan sempurna di kota, sementara desa tak begitu kelihatan mencolok pengaruhnya.Pada saat menjelang maghrib, anak-anak di perkotaan masih sibuk di depan televisi, mesin PS atau sedang berselancar di dunia maya, sementara anak-anak di desa menjelang Maghrib masih terlihat banyak yang telah siap untuk pergi ke mesjid, mushola dan langgar, untuk sholat Maghrib berjamaah dan dilanjutkan dengan belajar mengaji.

Keadaan di sekolah pun antara di kota dan di desa juga berbeda. Fasilitas sekolah perkotaan relatif lebih maju, tidak seperti yang ada di desa, gedung sekolahnya saja banyak yang masih memprihatinkan. Di sekolah perkotaan anak-anak berseragam, cantik dan tampan, bersepatu dan wangi. Sementara di sekolah pedesaan, masih menjadi pemandangan sehari-hari bagaimana anak-anak sekolah berseragam aneka warna, ada yang tidak mengenakan alas kaki dengan wajah kuyu dan lelah, karena tidak jarang sampai sore hari masih harus membantu kegiatan orang tuanya.

Demikianlah perbedaan antara sekolah di kota dengan sekolah di desa, yang dalam beberapa hal masih menunjukkan perpedaan seperti antara langit dan bumi. Pemandangan yang semestinya tidak harus demikian mencolok.Dengan di hadapkan dengan masalah tersebut ,maka kita tidak akan mencari tahu siapa pihak yang bersalah dan bertanggung jawab , lebih baik kita mencari solusi pemecahan masalah ini supaya adanya ketidakadilan ini dapat diatasi dan tidak merugikan salah satu pihak lagi.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.