Ayo Berdonasi untuk Pendidikan

Semua manusia dilahirkan dengan kemampuan untuk mengubah hidup orang lain. Memberi adalah salah satu kemampuan itu. Mari bersama-sama wujudkan mimpi adik-adik di sudut negeri untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

KLIK DISINI



Pendidikan merupakan hal utama yang sebaiknya dimiliki oleh setiap orang. Dengan pendidikan kita dapat menata hidup sebaik mungkin, dapat meraih cita-cita serta pendidikan juga menjadi sarana bagi kita dalam meraih sebuah kesuksesan. 

Begitu pentingnya peran pendidikan sehingga patutlah kita untuk menuntut ilmu karena menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban bagi seluruh umat manusia agar kita menjadi manusia yang mulia dan terdidik. Untuk itu sangatlah perlu membiasakan anak-anak sejak dini mengenal pendidikan, salah satunya melalui pendidikan formal dibangku sekolah. 

Sekolah merupakan salah satu sarana bagi kita dalam menuntut ilmu setinggi-tingginya, maka dari itu kita semestinya memanfaatkan hal tersebut sebaik mungkin. Tetapi mirisnya, belum adanya keseragaman pendidikan antara pendidikan di perkotaan dan pendidikan yang ada di pelosok saat ini mengakibatkan mereka yang ada di pelosok masih jauh tertinggal dibandingkan dengan mereka yang mengeyam pendidikan di daerah perkotaan. 

Hal inilah yang membatasi mereka untuk memiliki pengetahuan yang jauh lebih baik. Rendahnya mutu pendidikan yang ada di daerah pelosok diakibatkan karena sarana maupun prasarana yang kurang memadai ditambah lagi dengan akses yang sulit dijangkau.

Di negara yang berkembang seperti Indonesia ini, guru memberi konstribusi terhadap prestasi belajar sebesar 34 % sedangkan management 22 % waktu belajar 18 % sarana fisik 26 %. Upaya peningkatan mutu pendidikan sebaiknya dengan melakukan perbaikan kualitas guru dan menelaah kondisi sekolahan khususnya sekolah dasar di daerah pelosok. Seharusnya pemerintah perlu melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah terpencil, kepulauan dan perbatasan dengan alasan mendasar yaitu : 
 
Melaksanankan asas pemerataan pembangunan baik itu ekonomi, pendidikan dan insfratuktur, Penanggulangan kemiskinan karena rendahnya mutu sekolah bertalian erat dengan kemiskinan, Menjalankan prinsip Wawasan Nusantara terutama daerah perbatasan dan pulau terluar yang memiliki kerawanan politik, budaya dan sosial dengan negara tetangga yang lebih maju dalam pendidikan dan ekonomi, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dengan indikator utama peningkatan terjamin kesehatan, memiliki pendidikan yang cukup serta standar hidup yang memadai.
Akan tetapi, kita sebagai generasi muda penerus bangsa haruslah jeli dan tergerak hati melihat kondisi pendidikan yang terjadi saat ini khususnya yang ada didaerah pelosok. 

Kita tidak seharusnya tinggal diam dan menyalahkan pemerintah sepenuhnya, tetapi kita sebaiknya bergerak melakukan perubahan serta saling bahu-membahu untuk meningkatkan mutu pendidikan negeri ini khususnya yang berada di daerah pelosok, sebagai salah satu contoh menjadi relawan pendidikan dan juga perlu adanya suatu terobosan untuk menjangkau daerah-daerah pelosok tersebut serta ikut dalam akselerasi peningkatan mutu pendidikan di pelosok agar tidak tertinggal jauh dengan pendidikan yang ada di perkotaan.

Calon Relawan Sekolah Jejak Nusantara, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.