Ayo Berdonasi untuk Pendidikan

Semua manusia dilahirkan dengan kemampuan untuk mengubah hidup orang lain. Memberi adalah salah satu kemampuan itu. Mari bersama-sama wujudkan mimpi adik-adik di sudut negeri untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

KLIK DISINI

Salah satu sekolah terpencil yang berada di Kabupaten Maros adalah SD Negeri 144 Holiang yang terletak di Dusun Holiang, Desa Cenrana Kecamatan Camba.

Daerah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Gowa, Sinjai dan Bone. Daerah pelosok ini masih sangat susah untuk diakses, karena jalan yang harus ditempuh masih jalan setapak dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Kondisi jalan sangat tidak memungkinkan, terlebih lagi ketika musim hujan.

SD Negeri 144 Holiang berdiri diatas tanah seluas 1.880 m2 dan ruang belajar sebanyak 6 kelas. Bangunan sekolah ini terbuat dari kayu dan dibatasi dengan tripleks sebagai pembatas dengan ruangan lain.

Jumlah murid yang bersekolah di Sekolah Dasar Negeri 144 Holiang sangat sedikit yaitu 36 murid, terdiri dari 18 murid perempuan dan 14 murid laki-laki. Waktu penyelenggaraan jam sekolah dilaksanakan pada pagi hari seperti sekolah-sekolah pada umumnya.

Minimnya fasilitas nampak jelas di Sekolah ini, mulai dari ruang belajar murid, alat tulis menulis, perpustakaan dan juga minimnya buku pelajaran yang ada.

Hal ini mengakibatkan murid ketinggalan pelajaran dan kurang termotivasi untuk belajar. Sekolah ini juga tidak dilengkapi dengan pagar yang membatasi lingkungan sekolah dan luar sekolah. Sehingga proses belajar mengajar sewaktu-waktu dapat terganggu.

Fasilitas yang menunjang dengan keadaan sekolah yang aman dan nyaman sangatlah penting agar siswa dapat mencapai prestasi yang baik dan guru dapat menampilkan kinerja yang baik.

Warga di Dusun Holiang ini mayoritas belum mengetahui bahasa indonesia dan sehari-hari hanya menggunakan bahasa bugis, termasuk murid-murid SD Negeri 144 Holiang. Anak yang putus sekolah pun banyak karena kebanyakan orang tua lebih memilih anaknya menjadi petani dan beternak dibanding bersekolah.

Oleh : Nur Azmi M
Dari : Universitas Muhammadiyah Makassar
Status : Relawan SEJARA

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.