Ayo Berdonasi untuk Pendidikan

Semua manusia dilahirkan dengan kemampuan untuk mengubah hidup orang lain. Memberi adalah salah satu kemampuan itu. Mari bersama-sama wujudkan mimpi adik-adik di sudut negeri untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

KLIK DISINI

 


     BUNTU LUMU SURGA YANG TERSEMBUNYI

proses mengajar di luar kelas di Dusun Buntu Lumu, desa Batu Putih, Kec. Burau Kab. Luwu timur Prov. Sulawesi Selatan.

Namaku Indra Asmadi, KUN adalah komunitas yang membawaku sampai ditempat ini, SD Buntu Lumu tepatnya di Dusun Buntu Lumu, desa Batu Putih, Kec. Burau Kab. Luwu timur Prov. Sulawesi Selatan. Bukan pilihan muda untukku mengikuti kegiatan sekolah jejak nusantara (SEJARA) yang diadakan komunitas ini karena saya harus mengorbankan waktu dan tenaga serta meninggalkan pekerjaan dan rutinitas lainku dikota. Menyesal? Tentu tidak, ini adalah bagian dari mimpiku bertemu dengan anak-anak pelosok negeri untuk berbagi literasi.

Buntu Lumu, sebuah tempat yang minim mendapat sentuhan pembangunan, listrik terbatas, sinyal telpon sulit, bahkan jalanpun tidak beraspal. Meskipun demikian, pendidikan tetap harus menjadi prioritas bagi siapapun yang sudah masuk kedalamnya, meski harus merasakan kisah getir di setiap harinya.

Rasa cinta yang besar membawaku mengabdi dipelosok negeri, ya.. Aku ingin memanfaatkan usia mudaku agar memiliki arti Karena bagiku masa muda hanya sekali dan tua itu tak pasti. Mereka adalah alasan saya tetap bertahan mengabdikan diri selama beberapa hari, yah... mereka anak-anak pelosok negeri di Buntu Lumu, yang tak menyerah pada kondisi, mereka yang berjuang untuk masa depan, mereka yang kesehariannya jauh berbeda dengan anak-anak dikota, sungguh perjuangan yang sama sekali tidak dirasakan anak-anak diperkotaan.

Selama pengabdian, ada banyak pelajaran yang saya jumpai dari anak-anak pelosok ini, Siswa di Buntu Lumu itu tidak cukup berjuang pergi dan pulang sekolah yang setiap hari melewati jalan setapak yang kiri kananya jurang dan dikelilingi hutan yang lebat, tapi juga sekolah yang jauh dari kata layak, atap yang bocor, bangunan yang masih menggunakan kayu, bahkan kayu yang digunakan sebagian dimakan rayap.

Menggunakan alas kaki seadanya, bahkan kadang dengan kaki telanjang, kadang juga bertemu dengan hewan buas yang tentunya setiap saat mengancam keselamatan mereka. Belajar dengan fasilitas yang sangat tidak layak, sekolahnya yang beralaskan tanah, ruangan dan guru yang terbatas yang mengharuskan mereka belajar bergantian, kadang juga digabung dan atap yang tak sanggup lagi menahan air hajan ketika hujan yang menyebabkan seluruh ruangan dan fasilitas lainnya terendam. Tapi itu semua tidak menghalangi semangat mereka untuk tetap belajar.

Senyum dan semangat mereka yang membuat saya meneteskan air mata tanpa sengaja. Di tengah keterbatasan, mereka masih bisa tersenyum dengan ikhlas, di Buntu Lumu aku melihat sekeping surga yang tersembunyi yang jika kulihat terasa getar di hati dan rasa tenang yang tidak pernah terlupakan, Sungguh kebahagiaan ini sangat nyata.

 

Buntu Lumu, surga yang tersembunyi.

Se you next time....

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.