Ayo Berdonasi untuk Pendidikan

Semua manusia dilahirkan dengan kemampuan untuk mengubah hidup orang lain. Memberi adalah salah satu kemampuan itu. Mari bersama-sama wujudkan mimpi adik-adik di sudut negeri untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

KLIK DISINI

Cerita ini di awali di Tanete Bulu, Kabupaten Maros. Ada sebuah daerah pelosok yang hanya memiliki sedikit penduduk karena kurangnya akses jalan menuju daerah itu. Mungkin tidak banyak orang tau tentang daerah ini dan hanya segelintir orang yang memang benar-benar tau tentang masyarakat Tanete Bulu, termasuk saya. Saya baru-baru ini masuk dalam komunitas koin untuk negeri sebagai relawan karena dari awal saya memang tertarik dengan komunitas ini.

Saat pemberangkatan ke Tanete Bulu sempat terfikir mungkin saya tidak sanggup lagi mendaki dan berjalan lagi melewati hujan yang sangat deras serta jalan yang begitu jauh. Tetapi, ada hati kecil yang menyemangati agar saya tetap terus berjalan. Sesampainya di Tanete Bulu, perjuangan saat di perjalanan pun terbayar dengan sendirinya, seakan-akan apa yang saya lakukan di perjalanan tersebut tidak sia-sia.

Hari jumat tanggal 27 april 2018 pagi matahari mulai terbit di ufuk timur di barengi dengan indahnya suara burung yang berkicau. Anak-anak di daerah Tanete Bulu berlalu lalang untuk bergegas ke sekolah. Saya pun dan kakak-kakak relawan yang lain bergegas menuju sekolah dan alakah terkejutnya saya melihat keadaan sekolah mereka yang menurut saya itu jauh dari layak untuk menuntut ilmu. Tetapi, anak-anak disana tetap bersemangat untuk menuntut ilmu walaupun serba dalam keadaan kekurangan. Saya sempat bebicara dalam hati, “saya termasuk orang yang sangat beruntung bisa mendapat pendidikan yang layak di kota dan saya juga sangat beruntung bisa bertemu dengan anak-anak di daerah Tanete Bulu, dari mereka saya belajar untuk bersyukur dan dalam keadaan apapun, susah maupun senang kita harus tetap bersyukur dan terus bersemangat”. 

Pemandangan di daerah Tanete Bulu sangat indah, masyarakatnya yang ramah, dan kakak-kakak relawan KUN yang menyenangkan membuat saya sejenak melupakan masalah-masalah yang ada di otak saya. Saya sangat berterima kasih kepada komunitas Koin Untuk Negeri karena sudah menerima saya dengan banyaknya kekurangan saya, dan saya sempat malu dengan salah satu relawan KUN yang bernama kak Nada yang jauh-jauh dari Jakarta datang untuk menjadi relawan. Beliau dari kota besar bisa terketuk hatinya dengan dunia pendidikan dan membantu adik-adik belajar.

Untuk kesekian kalinya saya ucapkan terima kasih untuk kakak-kakak relawan Koin Untuk Negeri sudah memberikan pengalaman yang sangat luar biasa, keramahannya, kesenangannya, kerjasamanya dan kekompakannya serta hal-hal lainnya yang mungkin tidak bisa saya ucapkan dengan kata-kata lagi. Walaupun kita mempunyai daerah yang berbeda-beda dan suku yang berbeda tetapi kita semua bisa kompak serta bisa menjalin silaturahmi dengan baik.

Semoga komunitas ini tetap terjaga, jangan pudar, tetap semangat dan terus menginspirasi negeri walaupun tidak banyak setidaknya KUN bisa membantu mereka yang kekurangan. Dan semoga lebih banyak lagi orang-orang di luar sana bisa tersentuh hatinya oleh kehidupan anak-anak di daerah Tanete Bulu karena hidup akan lebih berharga jika kita bisa berguna dan berbagi ilmu untuk orang lain.

Kakak Sry Wahyu Lestari, UIN Alauddin Makassar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.